5 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria agar Cepat Hamil

5 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria agar Cepat Hamil

Tidak hanya wanita, pria juga sering kali mengalami masalah ketidaksuburan atau biasa disebut infertilitas. Bukan hanya dari istri yang harus melakukan pemeriksaan, tetapi suami juga ikut cek kesuburan sperma. Hal ini akan membuat istri agar cepat hamil. Berikut cara yang tepat meningkatkan kesuburan pria yang bisa dilakukan.

  1. Meminimalisir Gangguan Kesuburan

Pria harus menghindari beberapa kebiasaan yang tidak disadari dapat menurunkan tingkat kesuburan. Beberapa hal tersebut seperti menghentikan kebiasaan merokok, berhenti mengonsumsi minuman keras, tidak menggunakan obat-obatan terlarang, tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, tidak berolahraga yang berlebihan, dan tidak berpikir terlalu keras.

  1. Mengonsumsi Makanan Peningkat Kesuburan

Tidak hanya kebiasaan saja, makanan juga berpengaruh untuk meningkatkan kesuburan pria. Ajak suami Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung seng dan selenium seperti daging sapi, ayam, telur, udang, susu, dan tiram. Kedua zat tersebut mampu meningkatkan kualitas sperma dan tingkat motilitas sperma menjadi tinggi.

Makanan yang mengandung antioksidan juga perlu dikonsumsi seperti pisang, brokoli, wortel, bayam, asparagus, dan cokelat hitam. Jika Anda suka sayuran hijau akan lebih baik karena sayuran hijau mengandung asam folat yang mampu meningkatkan jumlah sperma. Anda juga bisa konsumsi lemak omega-3 yang banyak terdapat pada kacang walnut, kepiting, dan salmon.

  1. Mempertahankan Hidup Sehat

Salah satu cara agar cepat hamil yaitu mengurangi tingkat stres. Tidak hanya istri yang harus mengontrol stres, tapi suami juga demikian. Pola hidup sehat akan membuat tingkat kesuburan tidak menurun. Anda bisa berolahraga agar dapat mempertahankan berat badan, berhenti konsumsi nikotin, dan istirahat yang cukup.

  1. Konsultasi ke Dokter

Jika usaha Anda belum menunjukkan hasil yang signifikan, silakan konsultasi ke dokter spesialis yang punya reputasi baik. Dokter biasanya akan menyarankan program hamil yang dapat Anda tempuh setelah melakukan beberapa tes. Anda dan pasangan akan diminta cek laboratorium untuk mengetahui kualitas darah, sperma, maupun keadaan sel telur yang dimiliki.

  1. Hindari Obat Berbahan Kimia

Banyak orang mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi rutin berbagai obat maupun suplemen untuk meningkatkan kesuburan pria. Temuan BPOM telah terbukti terdapat 50 obat suplemen kesehatan pria yang mengandung bahan kimia obat yaitu sildenafil dan turunannya.

Zat ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dan pendengaran, bahkan kematian. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih suplemen yang akan dikonsumsi. Jika tidak terlalu penting, sebaiknya tidak perlu mengonsumsi suplemen. Anda bisa konsumsi bahan-bahan alami saja.

Pilihlah cara meningkatkan kesuburan pria yang aman bagi kesehatan. Pola makan dan olahraga juga membantu Anda agar cepat hamil. Program hamil yang tepat akan menunjukkan hasil yang memuaskan tanpa membahayakan diri sendiri. Rentang waktu masa menikah dengan kehamilan memang berbeda-beda. Tetap sabar dan terus berusaha meningkatkan kesuburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares