5 Cara Menjaga dan Meningkatkan Imunitas Anak

5 Cara Menjaga dan Meningkatkan Imunitas Anak

Di tengah keceriaan dan aktivitas serta eksplorasinya terhadap hal-hal yang baru, anak terutama di bawah usia lima tahun (balita), cenderung mudah sakit. Umumnya demam, batuk ataupun flu. Sudah merupakan tugas kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan mereka, tanpa melarangnya untuk tetap bergerak aktif.

Apalagi di musim pandemi COVID-19 sekarang ini, kebersihan juga kesehatan menjadi perhatian utama di keluarga. Imun yang baik akan membuat kesehatan anak tetap terjaga. Lalu, bagaimanakah cara meningkatkan imunitas anak tersebut?

5 Cara Menjaga dan Meningkatkan Imunitas pada Anak

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan di rumah, agar imun yang berdampak pada kesehatan anak tetap terjaga, diantaranya:

  1. Biasakan Cuci Tangan

Kegiatan ini harus dilakukan oleh seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali. Orang tua membiasakan cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun dengan memberi contoh kepada anak-anak setiap kali telah selesai melakukan aktivitas tertentu.

Kebiasaan mencuci tangan akan menghindarkan keluarga kita dari serangan kuman maupun bakteri yang secara tidak sengaja mengenai tangan saat kita beraktivitas.  Tangan yang kotor, akan menyebabkan berbagai penyakit, kemudian bisa masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, cuci tangan sangatlah penting, terutama setiap akan serta setelah makan.

  1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Pastikan asupan makanan anak-anak dan keluarga memiliki kandungan yang baik dan sehat. Perhatikan gizi dari makanan yang dapat diserap oleh tubuh. Batasi konsumsi junk food ataupun fast food dan kurangi minuman dengan pemanis buatan.

Perbanyak juga makan sayur serta buah-buahan, beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C yang dikenal baik untuk meningkatkan imunitas pada tubuh anak, karena produksi sel darah putih dalam tubuh akan meningkat dan mampu melawan berbagai virus yang dapat menyerang tubuh.

Bagi anak yang masih berusia di bawah 6 bulan, pemberian ASI yang sesuai dengan kebutuhan anak adalah cara terbaik untuk menjaga imunitas bayi tersebut. Karena faktanya, kandungan antibodi yang terdapat pada ASI sangatlah lengkap.

  1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan hal penting yang mampu menjaga kondisi badan agar tetap vit. Pastikan jam ataupun waktu tidur anak Anda sesuai dengan kebutuhan dan usianya, ya.  Kurangnya waktu tidur pada anak, mampu menjadikan virus lebih cepat datang dan menyerang tubuh mereka.

Buat anak Anda merasa nyaman saat akan tidur, bisa dengan cara mengoleskan Sleek Baby Telon Oil, harga tubuh anak tetap hangat, dan bisa istirahat dengan berkualitas.

  1. Menjaga Kebersihan dengan Rajin Membersihan Mainan

Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan mainan anak. Untuk meminimalisir adanya berbagai kuman atau virus yang bersarang pada mainan si kecil yang kemudian bisa saja menyerang tubuh mereka.

Untuk itu, Anda bisa mencucinya  menggunakan cairan pencuci botol Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser , karena kandungannya yang aman, juga mampu membersihkan kotoran serta 100% food grade.

  1. Lakukan Kegiatan Aktif dan Berolah Raga Bersama

Buat anak untuk senantiasa bergerak aktif sesuai dengan usianya. Rekomendasi dari World Health Organization (WHO) anak-anak bisa melakukan aktifitas fisik ataupun olahraga satu jam setiap hari.

Anda bisa melakukannya di pagi hari misalnya, sambil berjemur di halaman rumah. Selain fisik menjadi sehat karena berolahraga, berjemur juga mampu menjadi cara untuk meningkatkan imunitas anak Anda, lho. Karena sinar matahari mampu menghasilkan vitamin D yang baik untuk tubuh anak. Lalukan selama 10-15 menit di pagi hari.

Kebiasaan yang baik dan sehat mampu menjaga anak dan keluarga kita dari berbagai virus penyebab penyakit. Untuk itu, kesadaran dan pengetahuan orang tua terhadap setiap kegiatan juga asupan pada anak, menjadi hal penting yang merupakan fondasi awal untuk meningkatkan imunitas pada anak.

shares