Mengetahui Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Akurat

Mengetahui Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Akurat

Menantikan buah hati lahir ke dunia tentu menjadi momen-momen yang sangat menyenangkan. Tak jarang ibu muda berusaha untuk selalu mengecek perkiraan waktu persalinan dan juga mempersiapkan segala sesuatunya bagi persiapan kelahiran sang buah hati. Maka dari itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui cara menghitung usia kehamilan dengan akurat.

Bagi wanita yang baru pertama kali hamil, tentu akan sangat penasaran dengan cara-cara penghitungan usia kehamilan yang akurat agar perkiraan bayi lahir dapat terprediksi dengan akurat. Dengan begitu, Anda bisa segera bersiap untuk menyambut bayi Anda lahir ke dunia dengan sebaik mungkin.

Penghitungan Usia Kehamilan

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan penghitungan usia kehamilan yang akurat, antara lain sebagai berikut.

Menghitung Masa Haid (Menstruasi)

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menghitung lama menstruasi dan berapa tanggal menstruasi tiba. Biasanya, pada wanita siklus menstruasi akan terjadi selama 28 hari. Anda bisa mengecek kapan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) yang disebut sebagai hari pertama kehamilan.

Hitung secara Manual

Pertama, Anda harus mengecek Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)  Anda. Misalnya Anda memiliki tanggal HPHT 20 Mei 2019.

20 Juni 2019 + 1 tahun    = 20 Juni 2020

20 Juni 2019 + 7 hari        = 27 Juni 2019

27 Juni 2019 – 3 bulan    = 27 April 2019

Mengecek dengan USG

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan USG. Anda bisa memilih USG transvaginal atau USG transabdominal. Alat ini dapat mengetahui kondisi janin yang berada di dalam perut.  USG transabdominal dapat dilakukan ketika sudah memasuki usia kehamilan 3 bulan.

Penghitungan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut.

  • Mengukur ukuran diameter kantong kehamilan, biasanya akan dilakukan di usia kehamilan sekitar 6-12 minggu.
  • Mengukur ukuran pajang dan kepala hingga pantat di usia kehamilan menginjak 7-14 minggu.
  • Mengukur ukuran lingkar kepala janin biasanya dilakukan di usia kehamilan di atas 12 minggu.

Kalkulator Masa Subur

Anda bisa membuka website atau aplikasi dengan memasukkan hari pertama haid Anda. Setelah itu, secara otomatis aplikasi tersebut akan menghitung usia kehamilan Anda. Akan tetapi, alat ini terbilang tidak terlalu akurat sehingga jangan terlalu dipercaya. Karena, bisa jadi usia kehamilan Anda bergeser ketika dicek dengan cara lainnya.

Itulah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan Anda. Dengan begini, Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan juga memberikan asupan yang cukup bagi janin yang sedang Anda kandung. Dengan begitu, Anda dan bayi dapat selalu sehat hingga nanti persalinan tiba. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares